Komsumsi Makanan ini agar ASI keluar Banyak

Komsumsi Makanan ini agar ASI keluar Banyak

Untuk bisa memastikan jumlah ASI yang baik dan mencukupi, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan makanan bergizi yang cukup setiap hari. Makanan dan gizi adalah salah satu faktor penting yang harus dicukupi supaya ASI bisa berlimpah, dan bisa memenuhi kebutuhan makanan bayi setiap hari. Namun ada beberapa makanan tertentu yang sangat mendukung terhadap peningkatan jumlah ASI, makanan apa sajakah itu?

Berikut Makanan yang dikenal bisa membantu untuk meningkatkan jumlah ASI :

Fenugreek

Fenugrek telah lama digunakan secara tradisional untuk meningkatkan pasokan ASI, dan sekarang hal itu telah didukung oleh penelitian. Beberapa dokter mengatakan bahwa jika Anda memasukkan fenugreek kedalam diet Anda, maka Anda akan mengalami peningkatan jumlah susu dalam seminggu.

Selain itu, biji fenugreek adalah sumber tinggi zat besi, kalsium, vitamin dan mineral.  Namun jangan mengkonsumsi terlalu banyak, karena biji fenugreek merupakan dieuretic ringan sehingga dapat menyebabkan kehilangan banyak air.

Adas

Studi telah menemukan bahwa biji adas dapat meningkatkan suplai susu. Beberapa dokter juga mengatakan bahwa, biji adas membantu mencegah kolik pada bayi. Adas kaya akan vitamin C, menyegarkan mulut dan baik dan membantu pencernaan.

Biji adas bisa ditambahkan ke sayuran, atau makanan penutup . Meskipun tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung makanan berikut, namun banyak ibu-ibu yang bersumpah dan mengatakan bahwa adas sangat membantu meningkatkan pasokan ASI.

Jinten Hitam

Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung. Jinten juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu Ibu mendapatkan stamina setelah melahirkan. Walaupun belum ada penelitian uang mendukung, jinten hitam banyak dipercaya dapat meningkatkan ASI.

Biji wijen hitam

Merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah susu ibu. Biji ini juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti tembaga.

Kemangi

Kemangi adalah sumber vitamin K. Selain dapat meningkatkan jumlah ASI, ia juga diyakini memiliki efek menenangkan, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan nafsu makan yang sehat. kemangi bisa dimakan bersama sayuran, atau makanan pokok. Atau Anda juga bisa membuat minuman panas dengan merebus kemangi, dan minum air rebusan dengan ditambahkan madu. Sayuran Hijau dan keluarga

Labu

Sayuran dari keluarga labu, seperti blonceng(labu botol), labu siem, labu kuning, merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya bergizi, sayuran ini juga mudah dicerna oleh usus. Sayuran berhijau daun seperti kacang-kacangan, bayam, dan asparagus juga merupakan sumber mineral, aneka vitamin, serta fitoestrogen, yang diyakini dapat meningkatkan laktasi.

Sayuran berwarna merah

Wortel, ubi jalar dan bit misalnya sangat tinggi mengandung beta karoten, yang sangat bermanfaat untuk bayi jika Anda menyusuinya dengan ASI. Bit dan ubi jalar juga tinggi zat besi dan akan membantu meningkatkan fungsi hati.

Kacang-kacangan

Kacang Almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang banyak dikatakan membantu meningkatkan air susu ibu. Selain itu, kacang-kacangan dikenal banyak mengandung kalsium dan senyawa asam lemak baik yang penting bagi otak bayi.

Daun katuk

Daun katuk sudah lama dikenal orang untuk meningkatkan ASI. Selain itu, daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Jadi jangan ragu lagi untuk makan daun katuk, karena selain bergizi, sayuran ini juga bisa membuat ASI Ibu menjadi berlimpah dan berkualitas.

Pare atau pari

Walaupun rasanya sangat pahit, ternyata pare juga bagus untuk mengentalkan dan memperbanyak ASI. Selain itu, Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan.

Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. Namun jangan terlalu banyak makan pare, karena sayur pahit ini banyak dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah.

Minyak zaitun

Minyak seperti minyak zaitun, minyak biji rami dan minyak wijen adalah minyak sehat yang diyakini akan membantu ibu menyusui. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, jenis minyak sehat ini bisa meningkatkan energi. Gunakan untuk memasak atau hanya di gerimiskan di atas salad Anda.

Bawang putih

Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI. Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu.

Oat

Oat merupakan zat besi, kalsium dan serat, dan populer dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini umumnya dimakan sebagai bubur, dan Anda bisa memilih untuk menambahkan kacang-kacangan, susu , rempah-rempah, atau buah-buahan untuk meningkatkan nilai gizi.

Pepaya

Buah ini tinggi mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik untuk ibu menyusui, hal ini agar tidak mudah capek, serta dapat meningkatkan jumlah ASI. Bunga pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan Ibu.

Baca Juga :

Tips Asi berlimpah

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: